Cara Upgrade Software BlackBerry

Upgrade software pada ponsel terkadang dibutuhkan. Proses meningkatkan versi software ke versi yang paling baru akan sangat dibutuhkan ketika Anda ingin menginstal aplikasi-aplikasi terkini ke dalam ponsel dan yang paling penting menghilangkan sejumlah keluhan yang ada di versi terdahulu.

Masalahnya, di ponsel ini memiliki tingkat kesulitan dan resiko tinggi. Jika salah langkah, bisa jadi data pribadi kita akan hilang bahkan ponsel tidak akan bisa digunakan lagi. Jadi, lakukan ini dengan sadar atau dibawah pengawasan mereka yang pernah melakukannya. Jika Anda berkeras melakukannya juga, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah sederhana sebagai berikut.

Hal yang perlu dipersiapkan :
  1. BlackBerry Desktop Manager. Download di http://na.blackberry.com/eng/services/desktop/
  2. Download software Handheld yang tepat. Bagi Anda pengguna BlackBerry Indonesia bisa mendownloadnya via situs http://na.blackberry.com/eng/support/downloads/download_sites.jsp
Khusus untuk XL, Anda akan menemukan dua link, yakni XL Vodafone dan XL non Vodafone. Pilih yang sesuai dengan ponsel Anda. Lalu pilih juga jenis ponsel BlackBerry Anda yang muncul di menu backdrop. Lalu ikuti proses selanjutnya.

Proses Upgrade:

  1. Instal software handheld baru ke PC. Setelah selesai, cari foldernya (C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader), lalu hapus file vendor.xml.
  2. Buka BlackBerry Desktop Manager. Hubungkan BlackBerry Anda. Jika muncul notifikasi Application update, pilih cancel. Lakukan BackUp data terlebih dahulu. Pilih BackUp and Restore, lalu klik BackUp.
  3. Proses BackUp hanya akan berlaku pada beberapa departemen saja. Semisal kontak, setingan profil, tataletak menu dan sebagainya. Untuk itu, jika diperlukan lakukan juga backUp aplikasi pihak ketiga.
  4. Pilih Application Loader dari menu utama Desktop Manager. Beri tanda centang pada aplikasi-aplikasi penting dan kosongkan aplikasi yang tidak diperlukan. Atau biarkan seperti kondisi awal.
  5. Pilihlah "Do not automatically back up and restore the device application data during the loading process", lalu klik Next. Jika sudah yakin, klik Finish. Proses upgrade aka segera berlangsung. Biasanya membutuhkan waktu 30 menit hingga satu jam lebih. Jangan, saya ulangi JANGAN mencabut kabel atau mematikan PC karena ditakutkan akan mengganggu sistem.
  6. Setelah selesai, ponsel akan melakukan reboot sendiri. Lakuk restore data. Dari menu utama Desktop manager, pilih Backup and Restore. Kemudian pilih restore, cari file back up yang Anda simpan, lalu Klik Next.
Nah, sampai disini proses upgrade telah selesai. Jika Anda punya pertanyaan atau juga masukan, silahkan diskusikan di kotak komentar.

Comments