Symbian Menjadi Open Source


Mulai hari Kamis (4/2/2010), Symbian yang banyak digunakan di perangkat smartphone memulai debutnya sebagai platform open source. Symbian Foundation secara resmi merilis paket open source untuk paket Kernel & Hardware Services platform Symbian yang bebas diunduh di situsnya.

"Paket Kernel & Hardware Services merupakan pondasinya sementara keseluruhan bagian platform tengah dikembangkan," demikian pengantar dalam halaman Wiki untuk developer Symbian. Dengan dirilisnya paket open source Symbian artinya secara resmi mulai hari ini Symbian bebas digunakan dan dimodifikasi tanpa dipungut bayaran.

Symbian sebenarnya masih menjadi platform yang dominan di pasar ponsel dunia dan digunakan banyak vendor smartphone. Namun, menghadapi tantangan besar dengan masuknya pesaing besar seperti RIM, Apple, dan Google. Tahun lalu, Nokia mengambil alih seluruh saham Symbian dan memutuskan untuk menjadikannya sebagai platform open source agar mempermudah dukungan konten dari para pengembang.

Namun, dalam masa transisi, Symbian Foundation baru menyediakan sebagian besar bagian platform open source dengan lisensi bebas royalti hanya untuk anggotanya dengan lisensi yang disebutnya Symbian Foundation License (SFL). Source code yang dibuka kepada publik dengan lisensi EPL (Eclipse Public License) dimulai dengan kernelnya dan dijadwalkan akan dibuka seluruhnya pada pertengahan 2010.

Comments